Paulus menjadi tawanan Roh.

Roma 7:21-24 --> Awalnya Paulus menjadi tawanan hukum dosa. Lalu kemudian dia tunduk dan dipimpin oleh Roh Kudus.

Galatia 5:24-25 --> Bila kita hidup oleh roh, maka baiknya hidup kita dipimpin oleh Roh.

Anak Tuhan harus penuh Roh Kudus, sehingga hidupnya dapat berbuah-buah di dalam Roh (tidak mundur).

Kisah Rasul 16:6 --> Roh Kudus mencegah Paulus melakukan pemberitaan injil di Asia. Namun Paulus tunduk pada Roh Kudus.

Kisah Rasul 16:17 --> "Ia mengikuti Paulus dan kami dari belakang sambil berseru, katanya "Orang-orang ini adalah hamba Allah yang Maha Tinggi. Mereka memberitakan kepadamu jalan kepada keselamatan.

Matius 4:1 --> Yesus sebagai manusia dibawa oleh Roh ke padang gurun. ( Padang gurun = persoalan / peroblem / masalah).

1 Raja2 19:4 --> Elia yang sebelumnya melakukan hal yang besar, namun karena menghadapi Izebel, ia pehun ketakutan (Elia masuk ke padang gurun, karena kemauan sendiri).

Paulus penuh ketaatan untuk mendengarkan suara Tuhan.

Kisah Rasul 21:4 --> Roh melalui murid-murid menasihati Paulus untuk tidak ke Yerusalem (Ujian bagi Paulus dalam ketaatan untuk dengan suara Tuhan).

Matius 4:1 --> Yesus selalu melakukan doa dan puasa, sehingga Ia memiliki apa yang diperlukan dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan ini.

Amin.

Tuhan Yesus memberkati.


 

Tanggal          : 20 Juli 2014                              
Pembicara       : Pdt. Yonathan
Ayat Pokok     : Kisah Para Rasul 20:22-24
Tema              : Pentingnya Hidup Dipimpin Roh Kudus

Yohanes 21:15-17 --> Yesus bertanya kepada Simon Petrus sebanyak 3 kali : “Apakah engkau mengasihi aku”. Hal ini menunjukkan sesuatu yang terus menerus.

1. Feed my sheeps (memberi makan domba-dombanya). Yesus bermaksud apa yang akan Petrus lakukan untuk memberi dengan penuh tanggung jawab. Apa yang menjadi komitmen Petrus pada saat Petrus dipanggil.

Gembalakan domba-domba. Petrus mempunyai tanggung jawab atas domba / jiwa-jiwa yang rindu akan Firman Tuhan. Tanggung jawab memberi makan / Firman Tuhan pada jemaat.

Kita mempunyai tanggung jawab dalam pelayanan dimulai dari keluarga. Memberi makan dari hal-hal sedini mungkin (dari anak domba sampai menjadi domba)

2. Menjadikan domba (membawa orang / anak-anak untuk menjadi anak-anak Tuhan)

Mazmur 23:1-6 --> Pengakuan Daud bahwa ia tidak mengalami kekurangan. Padang rumput hijau = Firman Tuhan, Air yang tenang = Roh Kudus.

Untuk menjadi gereja yang sempurna diperlukan ukuran yang sesuai dengan ukuran yang Allah pakai.

Segala sesuatu yang kita jalankan dalam Tuhan, diukur Allah.

Dalam kehidupan harus ada peningkatan. Bila pelayan-an pada Allah didasari kasih pada Allah, maka apapun yang terjadi akan tetap dilaksanakan.

Dari lamb --> sheep --> terus menerus / berulang-ulang diajarkan firman Tuhan.

Ulangan 6:1-7 --> Setialah mengasihi Tuhan. Ajarkan Firman Tuhan kepada anak-anak kita.

Ulangan 11:8-12 --> Supaya kita kuat bila kita diberkati. Karena itu kita selalu perlu Firman dan Roh Kudus agar saat kita menerima berkat dari Tuhan, maka kita tetap kuat dalam Tuhan. Allah selalu mengawali kita / menyertai kita dari awal sampai akhir.

Ulangan 11:13-16 --> Berkat dari Allah terus-menerus sampai berkesudahan. Berkat 2 kali ganda yang Allah sediakan.

Markus 10:17-22, Lukas 18:14 --> Hambatan yang menghambat pertumbuhan.

Amin.

Tuhan Yesus memberkati.


 

Tanggal          : 13 Juli 2014                              
Pembicara       : Bpk.. Gembala
Ayat Pokok     : Kisah Para Rasul 2:4
Tema              : Penuhlah

To fill, to be filled --> Kepenuhan Roh Kudus seharusnya seperti bola salju, semakin hari semakin membesar. Lukas 13:10-17 --> Yesus mengajarkan orang banyak di rumah ibadat pada hari Sabat.

Saat itu kita semua berada dalam rumah ibadat. Apa yang dicari oleh orang Kristen ? Apakah orang Kristen datang dan pulang hanya biasa saja, tanpa mengalami / menikmati kekuatan / penghiburan Roh Kudus.

Perempuan itu mengalami sakit karena kerasukan roh iblis selama 18 tahun. Perempuan tersebut selama 18 tahun berada dalam rumah ibadat, namun keadaannya makin memburuk. Keterikatan orang Kristen ada juga selalu beribadah, selalu berada dalam rumah Tuhan, namun selalu mencari kesalahan-kesalahan orang lain, sehingga rohaninya tidak mengalami pertumbuhan.

Lukas 13:11 --> Perempuan itu terikat selama 18 tahun. Selama 18 tahun perempuan itu tidak berani menyatakan keinginannya untuk sembuh. Berapa banyak orang Kristen yang tidak berani menyatakan kerinduannya karena pengertian Firman yang kurang (tidak mengerti Firman Allah).

Lukas 13:14 --> Tentang hari Sabat, perempuan itu mengalami keterikatan hukum Taurat.

Roma 7:15-26 --> Banyak orang Kristen yang hidup penuh penyesalan saat mendengar Firman Tuhan, namun tidak ada suatu tindakan, sehingga semakin memburuklah keadaan rohaninya.

Roma 7:26 --> Dengan akal budi / kebijaksanaan yang dikuasai Kristus.

Lukas 13:15 --> Banyak orang Kristen yang hanya sekedar ingin, tapi tidak bertindak. Sehingga sama saja dengan orang munafik.

Roma 2:17-29 --> Jangan hanya bisa mengajar orang tapi diri sendiri tidak taat. Mengajar orang lain untuk berbuat baik, tapi diri sendiri melakukan hal yang tidak baik. Carilah hal-hal yang hidup untuk rohani. Hal-hal rohani yang menjadi Rhema.

2 Korintus 3:1-4 --> Firman yang hidup tertulis dalam hati orang Kristen yang mau menerima Allah / Karunia Allah.

Lukas 13;16 --> Yesus datang dalam rumah ibadat bukan hanya mengajar tetapi Yesus juga mau melepaskan keterikatan.

Yesus mau melepaskan segala keterikatan orang Kristen sehingga orang Kristen dapat menerima berkat menjadi anak Abraham (Allah memberikan berkat melalui Roh)

Amin.

Tuhan Yesus memberkati.


 

Tanggal          : 6 Juli 2014                              
Pembicara       : Pdt. Gembala
Ayat Pokok     : Kisah Para Rasul 2:1-4
Tema              : Penuhlah