Yosua 1:1-3 --> Firman TUHAN kepada Yosua: "Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu.

Permasalahan yang dihadapi Yosua:
1. Generasi yang belum tahun tentang tanah perjanjian.
2. Generasi yang tertinggal adalah generasi ke-2. Generasi yang di bawah umur 20 tahun.
3. Siapa Yosua, memang dia bisa berhasil, Musa saja gagal?
4. Yosua belum pernah melihat mujizat yang Tuhan kerjakan.
Keluaran 12:1-6 --> Pada saat manusia jatuh ke dalam dosa Tuhan sudah menyiapkan anak domba untuk penebusan.

Kejadian 2:1-3--> Pada hari ke-7 Allah berhenti mencipta.
Kita perlu hati-hati dengan kekristenan kita, kita ibadah tapi kita tidak masuk ke tempat perhentian (hari k-7) --> Ibrani 4:1-7

Ibrani 4:1 --> Jika hari ini kita merasa ketinggalan, kita perlu buka hati supaya kita masuk dalam tempat perhentian.

1 Korintus 3:10-16 --> Kita harus memperhatikan kerohanian kita hari-hari ini.
Efesus 4:17 --> Pada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran Kristus.

1 Kor 10:1-11 --> Bangsa Israel makan makanan rohani yang sama dan minum minuman rohani yang sama -- yang sama dengan ukuran Kristus --, tapi tidak mendapatkan batu karang itu yaitu Kristus.

Ay 5 --> sebagian besar dari mereka binasa

Ay 6, 11, semua itu terjadi sebagai peringatan bagi kita supaya kita tidak mengulanginya.
Kita masing-masing harus menimbang kehidupan dan kerohanian masing-masing selama tahun 2016. Apabila Allah yg menimbang, maka akan disertai dengan keputusan. Kita semua adalah imam dalam keluarga. Apabila keimaman kita tahun 2016 masih kurang, maka tahun 2017 adalah kesempatan untuk kita memperbaikinya.

Dalam ayat hari ini, Allah menimbang pemerintahan raja Belsyazar terlalu ringan karena itu diputuskan untuk diserahkan kepada kerajaan Midian dan Persia. Tuhan mendapati Daniel seimbang. Ia mempunyai roh yang luar biasa, juga memiliki Firman.

Manusia akhir-akhir ini kurang memiliki kemampuan utk mengurai kekusutan. dan terbawa arus oleh roh yang bukan dari Tuhan. Galatia 5:16 : perbuatan daging berlawanan dengan keinginan roh.
Efesus 4:1-6 --> Kita sebagai satu komunitas. Tuhan ingin memberkati kita melalui masing-masing anggota keluarga melalui hidup yang berpadanan dengan panggilan Allah.

Kesatuan roh bisa terpelihara oleh ikatan damai sejahtera.

Mazmur 128:1-6 --> Dimulai dari pribadi yang takut akan Tuhan, keluarga itu menghidupkan damai sejahtera dalam keluarganya. Keluarga ini akan diberkati.
Matius 1:22 --> Allah Immanuel, selalu beserta kita.

Yesaya 43:1-4 --> Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku. Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau. Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu. Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

Daniel 3:24-30; Daniel 6:19-24 --> Percaya seperti Sadrakh, Mesakh, Abednego --> Ada mujizat, ada penyertaan Tuhan dalam hidup kita.