Matius 7:7 --> "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Saat Allah memilih kita menjadi percaya pada Allah, Allah selalu menolong kita boleh selalu menikmati pertolongan Allah.

Mazmur 147:14 --> Allah yang selalu setia dan penuh kasih sayang. Segala kebutuhan kita, kita mendapatkannya hanya dari Allah yang adalah sumber segala-galanya.

Untuk mendapatkan itu, maka datanglah pada Allah. Minta, cari dan ketuk pintu Allah melalui doa.

Agar setiap doa yang kita naikkan mendapat jawaban dari Allah harus dengan :

1. Doa dengan tidak jemu-jemu (Lukas 18:1-8). Tekun di dalam doa. Lukas 18:7 --> Allah akan membenarkan orang yang berseru-seru kepada-Nya siang dan malam.

2. Doa dengan rendah hati (Lukas 18:9-14). Zakheus datang mencari Yesus dengan penuh kerendahan hati (Lukas 19:1-10).

Untuk melihat Yesus ada penghalang bagi Zakheus :
a. Kumpulan orang banyak
b. Tubuhnya yang pendek

Sesungguhnya Zakheus adalah orang yang terpandang karena pemungut cukai. Namun dia tidak perduli jabatannya dan keberadaannya sebagai orang kaya. Dia tetap ingin melihat Yesus. Tujuannya hanya ingin melihat dan mengenal Yesus. Sebab itu diapun menaiki pohon ara untuk melihat dan menyapa Yesus.

3. Menuruti Firman Allah. Wahyu 3:8 --> Allah tahu segalanya, oleh sebab itu jika Allah yang membuka tidak ada yang dapat menutupnya.

Wahyu 11:17 --> Pujian ucapan syukur harus menjadi gaya hidup anak-anak Allah. Mengucap sukur dalam segala perkara.

Melalui ucapan syukur pintu bait Allah terbuka.

Amin.

Tuhan Yesus memberkati.



Tanggal          : 31 Agustus 2014                               
Pembicara       : Pdt. Wempy Makahinda
Ayat Pokok     : Matius 7:7

Keluaran 14:9-14, Firaun dengan segala pasukannya mengejar bangsa Israel, kondisi yang ada saat itu bahwa bangsa Israel mengeluh karena ketakutan dengan apa yang mereka pikirkan. Apa yang ada di hati mereka, tidak happy. Karena tidak sesuai dengan yang Allah janjikan.

Keluaran 15:22-25, mereka haus dan tidak mendapat-kan air, ketika sampai di Mara. Mereka mendapatkan air, tetapi air itu pahit, sehingga mereka kembali bersungut-sungut.

Dalam kehidupan orang Kristen yang terjadi saat ini adalah kepahitan, kekuatiran akan masa depan. Tetapi kita sebagai orang Kristen harus keluar dari kepahitan dan kekuatiran serta mencari Tuhan dengan segenap hati.

Markus 3:16, Simon seorang yang labil.

Matius 26:30-38, 69-75, seorang yang begitu luar biasa, tetapi labil seperti bulu, membela dengan luar biasa tetapi menyangkal sampai 3 kali sama halnya dengan orang Kristen yang sangat membela dalam pelayanan Tuhan, tetapi suatu ketika menyangkal apa yang telah diucapkan.

Yohanes 13:21-25, seakan-akan Petrus tidak ingin menonjol, pelajaran buat kita bahwa jangan bersembunyi di balik orang, tetapi hati kita ingin menonjol, ingin dilihat orang. Mari kita mengikut Tuhan dengan apa adanya kita.

Galatia 2:11-13, Paulus mencela Petrus karena munafik.

Kelihatannya membela tetapi akhirnya menyangkal, ketika berada dalam kehidupan tidak berani menyuara-kan suara Tuhan.

Filipi 4:8-9, Allah sumber damai, terus menerus kerjakan untuk Tuhan.

Yosua 1:8, renungkanlah siang dan malam, jangan lupa memperkatakan hal-hal yang positif, yang membangun.

Mazmur 1:2-3, kesukaannya Taurat Tuhan.

Roma 8:26:30, Allah turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan melalui Roh Kudus.

Amin.

Tuhan Yesus memberkati.



Tanggal          : 24 Agustus 2014                               
Pembicara       : Bapak Gembala
Ayat Pokok     : Keluaran 14:9-14

Wahyu 3: 11

"Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu."

Apa yang harus kita pegang/pelihara agar tidak diambil/hilang?

A. Keselamatan (Filipi 2:12)
Keselamatan bukanlah usaha manusia, melainkan anugerah yang diberikan oleh Allah ketika seseorang percaya kepada Kristus. Janji Keselamatan yang diterima harus dikerjakan/dipegang/diselesaikan dengan dengan takut dan gentar (sungguh-sungguh) melalui ketaatan kepada Allah.

B. Hak Kesulungan (Kejadian 25:29-34)
Esau kehilangan (menjual) hak kesulungan karena ia menganggap ringan hak kesulungan. Dalam Ibrani 12:16 tertulis bahwa Esau memiliki kehidupan yang cabul dan mempunyai nafsu yang rendah. Hak kesulungan harus kita dijaga dengan terus hidup dalam kesucian.

C. Firman Allah (Matius 13:10-15)
Firman Allah senantiasa harus terpelihara dalam hati kita; bagaikan meja roti pertunjukan yang tersaji roti di atasnya dan dipertunjukan di hadapan Allah. Jangan sampai didapatinya kosong. Kita harus mau terus mencari/belajar firman Tuhan dengan penuh kerendahan hati.

D. Roh Kudus (Mazmur 51:13)
Kita harus memelihara hubungan yang baik dengan Roh Kudus yang kita terima. Ingat kisah raja Saul dimana Roh Kudus undur daripadanya. Jangan mendukakan Roh Kudus (Efesus 4:30). Hendaklah kita memberikan hidup kita dipimpin oleh-Nya. Dengan demikian, kehidupan kita akan menjadi terang bagi dunia; memancarkan kasih Allah dan menjadi berkat bagi orang lain tanpa memandang muka.

Amin.

Tuhan Yesus memberkati.



Tanggal          : 17 Agustus 2014                               
Pembicara       : Bapak Howard
Ayat Pokok     : Wahyu 3:11

Tema              : Aku Datang Segera

Roma 11:15-24 --> Penolakan Israel = Keselamatan kita. Bangsa Israel sesungguhnya adalah buah sulung dari Allah, namun karena Israel menolak, maka kitalah yang mendapatkan hak untuk menjadi anak sulung karena anugerah Allah.

Pertobatan bagi bangsa-bangsa lain ada waktunya sampai dengan quota yang ditentukan oleh Allah.

Efesus 5:14-16 --> Bangunlah dari tidur, bangkit dari antara orang mati. Kita harus menjadi orang Kristen yang hidup (kerohanian harus bangun dan hidup) agar kita dapat menyonsong kemuliaan Allah.

Yesaya 2:1-5 --> Ketika gereja dipermuliakan. Keinginan Allah melalui Yehuda / Pujian untuk masuk dalam kemuliaan Allah (menyonsong kemuliaan Allah)

Untuk dapat menyongsong kemuliaan Allah, kerohanian kita harus bangun dan hidup. Bangun pujian kita bersama keluarga, jangan sampai ketinggalan.

Ketika gereja diangkat tinggi (gereja menyongsong kemuliaan Allah), maka mereka akan datang juga karena kasih karunia Allah.

Yesaya 49:8-12 --> Digenapi untuk membangunkan orang Kristen. Bagi orang Kristen yang tidur mari bangun dan hidup rohani.

Yesaya 60:1-2 --> Gereja dimuliakan di tengah-tengah dunia yang semakin jahat. Gereja dimuliakan akan berjalan bersama-sama dengan Dunia semakin jahat.

Yesaya 60:6-9 --> Kedar dan Nebayot datang melengkapi gereja dengan Iman, Pujian/Penyembahan dan Kesaksian.

Yesaya 2:1-5 --> Mereka mencari Firman Tuhan / Pangajaran.

Hosea 4:6 --> Binasa = Destroy --> Hancur. Kegagalan seorang imam (kepala keluarga) membawa kehancuran pada anak-anaknya :
1. Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah
2. Umat-Ku binasa karena menolak pengenalan akan Allah.

Banyak orang Kristen menjual hak kesulungannya, sedangkan Firman Tuhan berkata mereka yang akan datang kepada gereja yang penuh kemuliaan.

Amin.

Tuhan Yesus memberkati.


 

Tanggal          : 10 Agustus 2014                              
Pembicara       : Bapak Gembala
Ayat Pokok     : Kisah Rasul 2:4a
Tema              : Proses Hak Kesulungan Berpindah pada Kita

Kisah Rasul 2:4, penuh dengan Roh Kudus, kepenuhan yang terus berjalan. Penuh = to fill --> to be filled --> to be fullfilled.

1 Korintus 10:1-11, Apa yang terjadi bagi mereka akibat dari dosa dan itu adalah hukuman dari hukum Taurat, PL = Taurat, dosa = mati.

Efesus 2:1-10, karena kasih karunia Allah kita diselamatkan, karena anugerah Allah maka kita sebagai orang percaya harus memiliki respon yaitu percaya. PB = hukum kasih karunia, Allah ingin kita hidup dengan hukum kasih karunia.

2 Timotius 3:16, firman Allah bermanfaat :
1. Mengajar
2. Menyatakan kesalahan
3. Memperbaiki kelakuan
4. Mendidik orang dalam kebenaran

Dengan Firman Tuhan yang berisi 4 hal tersebut di atas, maka umat Tuhan dapat hidup dalam hukum kasih karunia.

Ulangan 21:15-17, hak kesulungan : berkat 2 kali ganda. Kita akan menerima berkat kesulungan dengan Firman Tuhan yang kita terima dan miliki.

Kejadian 25:29-34, Esau menganggap ringan hak kesulungan, orang yang tidak mengerti akan Firman Tuhan --> Hak Kesulungan ? Berkat Kesulungan, orang yang tidak menghargai berkat Tuhan.

Ibrani 12:16-17, Jika berkat kesulungan itu dilepas maka tidak ada kesempatan lagi untuk memperolehnya, hak kesulungan adalah sakral bagi orang Kristen. Tidak sebanding dengan apa yang dunia tawarkan.

Lukas 15:11-24, anak bungsu ini kembali kepada Bapa, bahwa keselamatan tidak hilang tetapi berkat keselungan tidak menjadi haknya.

Berkat hak kesulungan yaitu hujan awal dan hujan akhir yang akan membawa kita pada gereja sempurna, berkat dari gereja mula-mula ditambah dengan berkat gereja akhir jaman.

Konsekuensi menjual hak kesulungan, yaitu masuk dalam pembakaran atau masa antikris.

Pengkhotbah 8:11, oleh karena hukuman terhadap perbuatan jahat tidak segera dilaksanakan maka hati manusia penuh niat untuk berbuat jahat.

Amin.

Tuhan Yesus memberkati.


 

Tanggal          : 3 Agustus 2014                              
Pembicara       : Bapak Gembala
Ayat Pokok     : Kisah Rasul 2:4
Tema              : Penuhlah